Tempe Bacem: Cara Membuat Masakan Khas yang Praktis dan Lezat

Tempe Bacem: Cara Membuat Masakan Khas yang Praktis dan Lezat

Siapa yang tidak suka dengan tempe? Makanan yang terbuat dari kedelai ini memang sangat populer di Indonesia. Tidak hanya enak, tempe juga kaya akan protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu olahan tempe yang sangat terkenal adalah Tempe Bacem. Dengan rasa manis gurih yang khas, tempe bacem menjadi favorit banyak orang.

Tempe Bacem merupakan salah satu masakan khas Jawa. Biasanya, tempe dipotong-potong dan direbus dengan bumbu-bumbu khas seperti kecap manis, gula merah, bawang putih, dan daun salam. Setelah direbus, tempe akan disajikan dengan kuah yang kental dan aroma yang menggugah selera. Cara memasak tempe bacem ini sangat praktis dan mudah untuk dilakukan di rumah.

Menurut Chef Dian, seorang ahli masakan Indonesia, tempe bacem adalah salah satu hidangan yang sangat sederhana namun memiliki citarasa yang luar biasa. “Rahasia kelezatan tempe bacem terletak pada proses perebusan yang dilakukan dengan bumbu-bumbu yang tepat. Jangan takut mencoba membuatnya di rumah, karena cara membuatnya sangat praktis dan tidak memerlukan banyak waktu,” kata Chef Dian.

Untuk membuat tempe bacem, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Dalam resep ini, kita akan menggunakan tempe sebanyak 250 gram, kecap manis 3 sendok makan, gula merah 50 gram, bawang putih 3 siung, daun salam 2 lembar, dan air secukupnya.

Setelah bahan-bahan terpenuhi, langkah selanjutnya adalah memasak tempe bacem. Pertama, potong tempe menjadi beberapa bagian sesuai selera. Kemudian, rebus tempe dalam air mendidih selama sekitar 10 menit. Setelah itu, tiriskan tempe dan sisihkan.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih yang telah diiris halus hingga harum. Tambahkan daun salam dan aduk-aduk sebentar. Masukkan tempe yang telah direbus ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu.

Kemudian, tambahkan kecap manis dan gula merah ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan tempe bacem mendidih dalam kecap manis dan gula merah tersebut. Pastikan semua bumbu meresap ke dalam tempe. Setelah kuah mengental dan tempe terlihat berwarna cokelat kehitaman, angkat tempe bacem dari wajan.

“Tempe bacem yang lezat sebaiknya disajikan dengan nasi hangat dan lauk lainnya. Rasanya yang manis gurih akan memberikan sensasi yang berbeda pada hidanganmu,” saran Chef Dian.

Membuat tempe bacem memang sangat praktis dan lezat. Anda dapat menikmati hidangan khas Jawa ini tanpa perlu repot mencari di restoran. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan proses memasak yang sederhana, tempe bacem bisa menjadi menu favorit keluarga di rumah.

Dalam buku “Masakan Nusantara” karya Ny. Liem, terdapat kutipan yang menggambarkan kelezatan tempe bacem. “Tempe bacem adalah salah satu hidangan yang selalu mengingatkan saya pada masa kecil di desa. Rasanya yang manis gurih dan teksturnya yang kenyal membuatnya selalu menjadi hidangan yang dinanti-nanti,” tulis Ny. Liem.

Terkadang, dalam kehidupan sehari-hari, kita lupa untuk mengapresiasi masakan tradisional kita sendiri. Tempe bacem adalah salah satu contoh hidangan khas yang praktis dan lezat yang bisa kita coba di rumah. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep tempe bacem ini dan rasakan kelezatannya sendiri. Selamat mencoba!