Resep Tongseng Ayam Sederhana yang Lezat dan Gurih

Resep Tongseng Ayam Sederhana yang Lezat dan Gurih

Hai, teman-teman pecinta kuliner! Pada kesempatan kali ini, kita akan berbicara tentang resep tongseng ayam sederhana yang lezat dan gurih. Siapa yang tidak suka dengan hidangan yang satu ini? Tongseng ayam merupakan hidangan khas Indonesia yang menggugah selera dengan kuahnya yang kaya rempah dan daging ayam yang empuk. Mari kita simak resepnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tongseng ayam sederhana ini adalah ayam potong menjadi beberapa bagian, bawang putih, bawang merah, serai, daun salam, daun jeruk, jahe, dan berbagai rempah seperti ketumbar, merica, dan kunyit. Jangan lupa untuk menyiapkan santan kental yang akan memberikan cita rasa gurih pada tongseng ayam ini.

Pertama-tama, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Kemudian, masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk ke dalam tumisan bawang. Tambahkan jahe yang telah digeprek agar aromanya lebih terasa. Setelah itu, masukkan potongan ayam ke dalam tumisan rempah dan aduk hingga ayam berubah warna.

Selanjutnya, tambahkan santan kental ke dalam adonan tongseng ayam ini. Pastikan santan tercampur merata dengan rempah dan ayam. Biarkan tongseng ayam mendidih hingga daging ayam empuk dan bumbu meresap dengan baik. Jika ingin kuah lebih kental, bisa ditambahkan sedikit air beras. Jangan lupa untuk mengecek rasa, tambahkan garam dan gula secukupnya agar tongseng ayam ini lezat dan gurih.

Dalam proses memasak tongseng ayam sederhana ini, kita bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kentang, dan tomat untuk memberikan variasi dalam hidangan. Sayuran ini juga akan memberikan rasa segar dan menggugah selera. Potong sayuran sesuai selera dan masukkan ke dalam tongseng ayam sebelum kuah mendidih.

Menurut Chef Yuda Bustara, tongseng ayam sederhana ini merupakan hidangan yang cocok disajikan dalam acara keluarga atau reuni teman-teman. “Tongseng ayam ini memiliki rasa yang menggugah selera dan juga sangat mudah untuk dibuat. Dengan bumbu-bumbu yang sederhana, kita bisa merasakan kelezatan dan kegurihan tongseng ayam ini,” ujar Chef Yuda Bustara.

Tongseng ayam sederhana ini juga bisa disajikan dengan nasi hangat dan kerupuk sebagai pelengkap. Rasakan sensasi gurih dari kuah tongseng yang meresap pada nasi dan paduan daging ayam yang lezat. Hidangan ini akan membuat keluarga dan teman-teman Anda ketagihan.

Jadi, tunggu apalagi? Segera coba resep tongseng ayam sederhana yang lezat dan gurih ini di rumah Anda. Nikmati kelezatan hidangan khas Indonesia ini bersama orang tercinta. Selamat mencoba!

Sumber referensi:
– Chef Yuda Bustara, https://www.instagram.com/chef_yuda/
– “Resep Tongseng Ayam Khas Solo yang Lezat dan Gurih”, https://www.idntimes.com/food/recipe/nyimas-suci/resep-tongseng-ayam-khas-solo-c1c2/1