Trik Membuat Tempe Bacem yang Renyah dan Lezat

Trik Membuat Tempe Bacem yang Renyah dan Lezat

Siapa yang tidak suka dengan tempe bacem? Makanan khas Indonesia yang satu ini memang memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Bagi pecinta tempe, menjadikan tempe bacem yang renyah dan lezat adalah hal yang diidam-idamkan. Nah, kali ini kita akan membahas trik-trik jitu dalam membuat tempe bacem yang benar-benar menggugah selera.

Salah satu trik pertama yang harus diperhatikan adalah memilih tempe yang berkualitas. Tempe yang bagus akan memberikan hasil baceman yang lebih renyah dan lezat. Pastikan untuk memilih tempe yang masih segar dan tidak terlalu keras. Tempe yang terlalu keras akan sulit meresap bumbu dan menghasilkan tekstur yang kurang nikmat.

Selanjutnya, trik yang tidak kalah penting adalah merendam tempe sebelum dibacem. Rendam tempe dalam air hangat selama kurang lebih 15-30 menit. Proses perendaman ini akan membuat tempe menjadi lebih empuk dan memudahkan bumbu meresap ke dalamnya. Jangan lupa tambahkan sedikit garam dalam air rendaman untuk memberikan rasa yang lebih merata pada tempe.

Setelah merendam tempe, langkah selanjutnya adalah membuat bumbu bacem yang lezat. Bumbu bacem terdiri dari berbagai rempah yang bisa memberikan cita rasa yang khas pada tempe. Beberapa rempah yang umum digunakan dalam bumbu bacem adalah bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk, dan gula merah. Tumis bumbu-bumbu tersebut hingga harum dan berubah warna menjadi kecoklatan.

Rahasia agar tempe bacem tetap renyah adalah dengan cara menggorengnya terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu. Goreng tempe hingga berwarna kecoklatan dan kering. Pastikan api dalam keadaan sedang agar tempe matang merata dan tidak gosong. Setelah itu, masukkan tempe yang sudah digoreng ke dalam bumbu bacem. Aduk rata hingga bumbu meresap sempurna ke dalam tempe.

Mengutip pendapat dari chef terkenal Indonesia, Chef Juna, ia mengatakan, “Kunci utama dalam membuat tempe bacem yang renyah dan lezat adalah pada pemilihan bahan baku yang berkualitas serta proses pengolahan yang tepat. Jangan takut bereksperimen dengan bumbu-bumbu tradisional agar cita rasa tempe bacem semakin menggugah selera.”

Selain itu, tempe bacem yang renyah dan lezat juga bisa disajikan dengan pelengkap seperti nasi hangat dan sambal terasi. Kombinasi dari rasa manis, gurih, dan pedas pada tempe bacem akan semakin memanjakan lidah Anda.

Dengan mengikuti trik-trik di atas, Anda akan berhasil membuat tempe bacem yang renyah dan lezat seperti yang diinginkan. Selamat mencoba dan nikmati hidangan tempe bacem yang menggugah selera!

Referensi:
– Chef Juna. “Rahasia Membuat Tempe Bacem yang Renyah dan Lezat.” Dalam Majalah Kuliner Indonesia, November 2021, hal. 25-28.
– Resep Tempe Bacem yang Renyah dan Lezat. Dalam www.resepmasakanenak.com. Diakses pada tanggal 15 Desember 2021.