Tips Mengolah Cumi-Cumi Agar Tidak Bau Amis

Perendaman dan Perasan Jeruk Nipis

Rendam cumi-cumi selama kurang lebih 15 menit. Perendaman cumi-cumi dengan perasan jeruk nipis dapat membantu menghilangkan bau amis pada cumi-cumi. Jeruk nipis mengandung senyawa alami seperti saponin yang dapat mengurangi bau amis pada cumi-cumi. Perendaman dengan perasan jeruk nipis ditengarai juga dapat membuat cumi-cumi menjadi lebih empuk.

Perasan jeruk nipis juga dapat memberikan rasa segar pada cumi-cumi. Jeruk nipis memiliki rasa asam yang khas, yang dapat memberikan sentuhan segar pada cumi-cumi saat dimasak. Namun, perlu diingat bahwa perendaman cumi-cumi dengan perasan jeruk nipis tidak boleh terlalu lama, karena dapat membuat tekstur cumi-cumi menjadi alot. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perendaman cumi-cumi dengan perasan jeruk nipis dapat membantu mengurangi kadar formalin pada cumi-cumi. Formalin adalah bahan kimia yang sering digunakan untuk mengawetkan makanan laut, dan dapat memberikan bau dan rasa tidak sedap jika tidak dihilangkan dengan baik. Perendaman dengan perasan jeruk nipis dapat membantu mengurangi kadar formalin pada cumi-cumi.

Simpan pada Wadah Tertutup

Simpan cumi dalam wadah tertutup agar tidak terkena jamur. Menyimpan cumi-cumi dalam wadah tertutup membantu mencegah proses pembusukan. Dengan menutup wadah, udara yang masuk ke dalam wadah dapat dikurangi, sehingga cumi-cumi tidak cepat mengalami pembusukan.

Wadah tertutup juga membantu menghindari kontaminasi silang antara cumi-cumi dan bahan makanan lainnya di dalam kulkas. Dengan wadah yang tertutup rapat, cumi-cumi tidak akan terkontaminasi oleh bakteri atau aroma dari bahan makanan lainnya.

Selain itu, menyimpan cumi-cumi dalam wadah tertutup juga dapat membantu mempertahankan kesegaran. Udara yang terperangkap di dalam wadah dapat membantu menjaga kelembaban dan kualitas cumi-cumi, sehingga tetap segar lebih lama.

Wadah tertutup juga dapat membantu menghindari bau tidak sedap yang mungkin dihasilkan oleh cumi-cumi. Dengan menutup wadah, aroma cumi-cumi tidak akan tersebar ke makanan atau bahan makanan lainnya di dalam kulkas.

Menggunakan Asam Jawa atau Garam

Menggunakan asam Jawa atau garam pada cumi-cumi memiliki beberapa manfaat penting. Asam Jawa dipercaya dapat menghilangkan bau amis pada cumi-cumi lebih cepat dibandingkan dengan jeruk nipis atau cuka. Caranya cukup mudah, yaitu dengan melumurkan asam Jawa dan garam pada cumi-cumi sembari diremas-remas, kemudian diamkan selama beberapa waktu sebelum mencucinya dengan air bersih.

Selain itu, menggunakan asam Jawa diyakini lebih ampuh untuk menghilangkan bau amis pada cumi-cumi dibanding dengan menggunakan jeruk nipis, lemon, atau cuka. Campurkan asam Jawa dengan garam kemudian aplikasikan pada cumi sambil diremas-remas hingga merata. Diamkan selama beberapa menit sebelum mencucinya dengan air bersih.