Tips Masak Nasi Jagung yang Enak, Ternyata Beda dengan Masak Nasi Putih

Persiapan Bahan

Pastikan beras jagung dan bahan tambahan lainnya sudah disiapkan dengan baik sebelum dimasak. Campur beras dan jagung dengan perbandingan 1:1. Salah satu cara membuat nasi jagung gurih dan wangi adalah dengan menggunakan beberapa jenis daun aromatik seperti daun salam, serai, dan daun pandan.

Proses Memasak

Rendam jagung bersama beras dan garam menggunakan air yang sudah disediakan. Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, dan daun pandan hingga harum. Masukkan beras dan jagung, aduk-aduk hingga tercampur rata. Tuang air secukupnya, masak hingga menjadi nasi aron.

Jika menggunakan rice cooker, cara memasaknya sama seperti memasak nasi putih tanpa perlu diaron. kamu dapat memeriksa tekstur nasi jagung dengan mencoba memijaknya atau merasakan kelembutannya. Nasi jagung yang sudah matang akan memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu keras.

Perhatikan kondisi nasi jagung, pastikan bahwa air telah terserap dengan baik dan nasi terlihat kering serta siap disajikan. Cobalah mencicipi nasi jagung untuk memastikan bahwa teksturnya sudah cukup lunak dan matang sesuai dengan seleramu. 

Penyajian

Setelah matang, nasi jagung dapat disajikan bersama dengan berbagai lauk pauk nikmat, seperti urap sayur, ikan asin, mendol, oseng kikil, bakwan jagung, sayur lodeh tahu tempe, dan lain sebagainya. Nasi jagung juga dapat disajikan dengan lauk pauk khas Madura untuk menciptakan hidangan yang gurih dan lezat.

Kamu juga dapat bereksperimen dengan variasi penyajian nasi jagung sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing, seperti menambahkan urap, ikan asin, tempe goreng, tahu goreng, sambal bajak, rempeyek, dan lainnya.