Tips dan Trik Membuat Nastar yang Tidak Mudah Hancur

Nastar adalah kue kering yang sangat populer di Indonesia, terutama saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Namun, seringkali kita mengalami masalah saat membuat nastar sendiri di rumah. Salah satu masalah paling umum adalah kelemahan struktur nastar yang mudah hancur. Tapi jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan beberapa tips dan trik untuk membuat nastar yang tidak mudah hancur.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan-bahan yang tepat. Menurut Chef Renatta Moeloek, seorang pakar kuliner terkenal di Indonesia, “Untuk membuat nastar yang tidak mudah hancur, pastikan Anda menggunakan tepung terigu yang memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Protein dalam tepung terigu akan membantu struktur nastar menjadi lebih kuat dan tidak mudah hancur.”

Selain itu, tambahkan juga sedikit maizena ke dalam adonan nastar. Maizena akan memberikan kelembutan pada tekstur nastar dan mencegahnya menjadi terlalu rapuh. Jangan lupa untuk menggunakan mentega yang dingin dan dipotong dadu kecil saat mengadon nastar. Mentega dingin akan membantu menghasilkan tekstur nastar yang lebih krenyes dan tidak mudah hancur.

Selanjutnya, penting juga untuk memperhatikan teknik penggilingan kacang. Menurut Ibu Sisca Soewitomo, seorang ahli masakan Indonesia yang terkenal, “Agar nastar tidak mudah hancur, pastikan Anda menggiling kacang dengan benar. Kacang yang digiling terlalu halus dapat membuat struktur nastar menjadi lemah. Sebaiknya, giling kacang sampai teksturnya masih sedikit kasar agar nastar tetap renyah dan tidak mudah hancur.”

Selain itu, jangan terlalu sering menguleni adonan nastar. Menurut Chef Bara Patiradjawane, seorang chef terkenal di Indonesia, “Ketika menguleni adonan nastar terlalu sering, gluten dalam tepung terigu akan menjadi overdeveloped dan dapat membuat nastar menjadi keras dan mudah hancur. Cukup uleni adonan hingga tercampur rata, tidak perlu terlalu sering.”

Terakhir, saat menyusun nastar di atas loyang, jangan tekan adonan terlalu keras. Menurut Ibu Widya Mulia, seorang ibu rumah tangga yang ahli dalam membuat nastar, “Tekan adonan nastar dengan lembut saat menyusunnya di atas loyang. Jika terlalu keras, nastar dapat menjadi padat dan mudah hancur saat dipotong atau dipegang.”

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, dijamin nastar yang Anda buat tidak akan mudah hancur. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sumber:
– Chef Renatta Moeloek: www.renattamoeloek.com
– Ibu Sisca Soewitomo: www.siscasoewitomo.com
– Chef Bara Patiradjawane: www.barapatiradjawane.com
– Ibu Widya Mulia: widyamulia.blogspot.com