Resep Tradisional Rica-Rica Ayam yang Menghangatkan Hati

Resep Tradisional Rica-Rica Ayam yang Menghangatkan Hati

Siapa yang tidak suka dengan hidangan yang pedas dan menggugah selera? Salah satu hidangan yang populer di Indonesia adalah ayam rica-rica. Ayam rica-rica adalah hidangan khas dari Manado yang terkenal dengan cita rasa pedas yang menggugah selera. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep tradisional rica-rica ayam yang dapat menghangatkan hati kita.

Rica-rica ayam adalah hidangan yang terbuat dari potongan ayam yang dimasak dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah. Salah satu kunci dari cita rasa rica-rica yang lezat adalah penggunaan cabai dan bawang yang melimpah. Cabai digunakan untuk memberikan rasa pedas yang khas, sedangkan bawang digunakan untuk memberikan aroma yang harum dan nikmat.

Untuk membuat resep tradisional rica-rica ayam, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

– 500 gram ayam, potong menjadi beberapa bagian
– 10 cabai merah keriting, iris tipis
– 5 cabai rawit, iris tipis
– 5 siung bawang merah, iris tipis
– 3 siung bawang putih, iris tipis
– 2 batang serai, memarkan
– 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek
– 2 cm lengkuas, memarkan
– Garam secukupnya
– Gula secukupnya
– Minyak untuk menumis

Langkah pertama dalam memasak resep tradisional rica-rica ayam adalah menumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit hingga harum. Pastikan api tidak terlalu besar agar bumbu tidak gosong. Setelah itu, masukkan ayam dan aduk hingga ayam berubah warna.

Selanjutnya, tambahkan serai, daun jeruk, dan lengkuas. Aduk rata dan masak hingga ayam matang sempurna. Jangan lupa tambahkan garam dan gula secukupnya untuk mengatur tingkat kepedasan dan keasaman rica-rica ayam tersebut.

Menurut Chef Sisca Soewitomo, seorang ahli kuliner Indonesia, resep tradisional rica-rica ayam yang enak adalah dengan menggunakan bumbu-bumbu segar dan alami. Ia juga menekankan pentingnya penggunaan cabai merah keriting dan cabai rawit untuk memberikan rasa pedas yang pas.

“Rica-rica ayam yang enak adalah yang memiliki rasa pedas yang seimbang dan aroma yang harum. Penggunaan bumbu-bumbu segar seperti cabai merah keriting dan cabai rawit sangat penting untuk menciptakan cita rasa yang autentik,” ungkap Chef Sisca Soewitomo.

Selain itu, Profesor Bambang Wirjatmadi, seorang pakar diet dan nutrisi, menjelaskan bahwa ayam rica-rica juga memiliki manfaat kesehatan. “Cabai pada ayam rica-rica mengandung senyawa capsaicin yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi makanan pedas harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing,” jelas Profesor Bambang Wirjatmadi.

Dengan menggunakan resep tradisional rica-rica ayam ini, Anda dapat menyajikan hidangan yang pedas dan menghangatkan hati. Rica-rica ayam yang lezat ini bisa menjadi sajian yang pas untuk keluarga tercinta. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini di dapur Anda sendiri!

Referensi:
1. Soewitomo, Sisca. (2021). “Rica-rica Ayam Manado”. Dalam buku “Aneka Resep Kuliner Indonesia”.
2. Wirjatmadi, Bambang. (2020). “Manfaat Cabai pada Ayam Rica-rica”. Jurnal Gizi dan Kesehatan. Vol. 15, No. 2, hal. 87-93.