Resep Tongseng Ayam yang Cocok untuk Santap Siang atau Malam

Resep Tongseng Ayam yang Cocok untuk Santap Siang atau Malam

Resep Tongseng Ayam yang Cocok untuk Santap Siang atau Malam

Apakah Anda sedang mencari hidangan yang lezat dan bergizi untuk santap siang atau malam? Tongseng ayam adalah pilihan yang sempurna untuk memanjakan lidah Anda. Dengan bumbu yang kaya dan daging ayam yang lembut, tongseng ayam akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencicipinya lagi dan lagi.

Tongseng ayam merupakan hidangan khas Indonesia yang terkenal di seluruh negeri. Dalam hidangannya, potongan daging ayam yang segar dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang harum dan kuah santan yang gurih. Biasanya, tongseng ayam disajikan dengan nasi putih hangat dan dilengkapi dengan irisan tomat, kol, dan daun bawang. Rasanya yang khas dan aroma yang menggoda akan membuat siapa pun tergoda untuk mencicipinya.

Untuk memasak tongseng ayam yang lezat, berikut adalah resep yang bisa Anda coba. Pertama, siapkan bahan-bahan berikut: 500 gram daging ayam (potong-potong), 200 ml santan kental, 2 batang serai (geprek), 3 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 2 buah tomat (potong-potong), 1 batang daun bawang (iris tipis), 2 lembar daun kol (potong-potong), 2 sendok makan minyak goreng, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir, dan air secukupnya.

Langkah pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum, terdiri dari 4 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 4 butir kemiri, 2 cm lengkuas, 1 cm jahe, 2 cm kunyit, 2 cm kencur, 1 sendok teh ketumbar, dan 1 sendok teh merica. Setelah itu, masukkan serai, daun jeruk, dan daun salam. Aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna.

Selanjutnya, masukkan potongan daging ayam ke dalam wajan dan aduk hingga berubah warna. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga daging ayam matang. Kemudian, tuang santan kental dan aduk rata. Tambahkan garam, gula pasir, dan irisan tomat. Biarkan kuah mendidih dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Terakhir, masukkan irisan daun kol dan daun bawang ke dalam wajan. Aduk rata dan masak sebentar hingga sayuran sedikit layu. Angkat dan hidangkan tongseng ayam hangat dengan nasi putih.

Menurut chef terkenal, Chef Juna, tongseng ayam adalah salah satu hidangan favoritnya. Ia mengatakan, “Tongseng ayam memiliki kombinasi rasa yang luar biasa, dari rempah-rempah yang kaya hingga daging ayam yang empuk. Sangat cocok untuk dinikmati sebagai hidangan utama.”

Tidak hanya enak, tongseng ayam juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Ayam adalah sumber protein yang baik untuk tubuh kita. Menurut ahli gizi, Dr. Amelia Fitria, “Dalam 100 gram daging ayam terdapat sekitar 20 gram protein, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh kita.”

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep tongseng ayam ini. Nikmati hidangan lezat dan bergizi ini sebagai santapan siang atau malam Anda. Selamat mencoba!

Referensi:
1. https://cookpad.com/id/resep/597791-tongseng-ayam
2. https://www.femina.co.id/article/resep-tongseng-ayam-bumbu-kecap-khas-jawa
3. https://www.resepkoki.id/resep/tongseng-ayam/