Resep Tempe Bacem: Cara Mudah Membuat Masakan Khas Jawa

Resep Tempe Bacem: Cara Mudah Membuat Masakan Khas Jawa

Masakan khas Jawa selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner. Salah satu hidangan yang menjadi favorit banyak orang adalah tempe bacem. Tempe bacem adalah tempe yang dimasak dengan bumbu khas Jawa yang manis dan gurih. Rasanya yang lezat membuat tempe bacem menjadi hidangan yang cocok disantap bersama keluarga maupun teman-teman.

Untuk membuat tempe bacem, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan. Bahan-bahan tersebut antara lain tempe, gula merah, kecap manis, daun salam, air asam jawa, bawang merah, bawang putih, jahe, dan air.

Caranya pun sangat mudah. Pertama, tempe dipotong menjadi beberapa bagian dan digoreng hingga matang. Kemudian, bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan jahe ditumis hingga harum. Setelah itu, gula merah, kecap manis, dan air asam jawa ditambahkan ke dalam tumisan bumbu. Masukkan daun salam untuk memberikan aroma khas Jawa. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap ke dalam tempe. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga kuah mengental.

Menurut Chef Yanto, seorang koki berpengalaman dalam masakan Jawa, “Resep tempe bacem ini sangat mudah diikuti oleh siapa saja. Bumbu-bumbu yang digunakan pun mudah ditemukan di dapur kita sehari-hari. Rasanya yang manis dan gurih membuat tempe bacem menjadi hidangan yang disukai banyak orang.”

Tak hanya enak, tempe bacem juga memiliki manfaat kesehatan. Tempe yang menjadi bahan utama tempe bacem kaya akan protein nabati, serat, serta berbagai vitamin dan mineral penting. Tempe juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Fitri, seorang ahli gizi, tempe bacem dapat menjadi alternatif makanan bergizi bagi vegetarian. “Tempe bacem mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, tempe bacem juga rendah lemak sehingga cocok untuk menjaga berat badan,” ungkap Dr. Fitri.

Resep tempe bacem memang sangat populer di kalangan masyarakat Jawa. Makanan ini sering disajikan dalam acara-acara adat atau sebagai hidangan sehari-hari. Kelezatan tempe bacem yang dipadu dengan bumbu khas Jawa membuatnya menjadi hidangan yang sulit untuk ditolak.

Jadi, bagi pecinta masakan Jawa, jangan lewatkan untuk mencoba resep tempe bacem ini. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara memasak yang sederhana, Anda bisa menikmati hidangan khas Jawa yang lezat dan bergizi. Selamat mencoba!

Referensi:
1. Chef Yanto, pengalaman pribadi sebagai koki.
2. Dr. Fitri, ahli gizi, hasil penelitian tentang manfaat tempe bacem bagi kesehatan.

Quote:
“Resep tempe bacem ini sangat mudah diikuti oleh siapa saja. Bumbu-bumbu yang digunakan pun mudah ditemukan di dapur kita sehari-hari. Rasanya yang manis dan gurih membuat tempe bacem menjadi hidangan yang disukai banyak orang.” – Chef Yanto
“Tempe bacem mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, tempe bacem juga rendah lemak sehingga cocok untuk menjaga berat badan.” – Dr. Fitri