Resep Sambal Matah: Buat Sendiri Sajian Favorit Restoran Bali

Resep Sambal Matah: Buat Sendiri Sajian Favorit Restoran Bali

Siapa yang tidak tergoda dengan cita rasa pedas dan segar dari sambal matah khas Bali? Sajian ini telah menjadi favorit di restoran-restoran Bali dan diakui sebagai hidangan yang wajib dicoba bagi para pecinta kuliner. Namun, tahukah Anda bahwa Anda juga bisa mencoba membuat sambal matah ini di rumah? Yuk, kita simak resepnya!

Resep sambal matah ini sebenarnya cukup sederhana dan tidak memerlukan banyak bahan. Anda hanya perlu menyiapkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, serai, jeruk limo, dan minyak kelapa. Pertama-tama, iris tipis bawang merah dan bawang putih. Kemudian, iris cabai rawit sesuai selera Anda. Setelah itu, iris tipis serai dan peras jeruk limo untuk mendapatkan air jeruknya.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak kelapa di atas wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian, tambahkan cabai rawit dan serai, aduk rata. Terakhir, tuangkan air jeruk limo ke dalam wajan dan aduk kembali. Masak selama beberapa menit hingga semua bahan matang sempurna.

Sambal matah siap disajikan! Anda bisa menikmatinya dengan nasi putih hangat, ayam bakar, atau ikan goreng. Rasanya yang segar dan pedas akan membuat hidangan Anda semakin lezat. Jangan ragu untuk menambahkan sambal matah ini ke dalam hidangan lain sesuai dengan selera Anda.

Menurut Chef Made Putra, seorang chef Bali terkenal, sambal matah adalah salah satu sajian yang paling dicari oleh wisatawan kuliner. Ia mengatakan, “Sambal matah memiliki cita rasa yang unik karena perpaduan antara bumbu segar dan pedas. Tidak heran jika banyak orang yang ketagihan dengan rasanya.”

Selain itu, seorang ahli kuliner dari Bali, Ibu Wayan, juga memberikan pandangannya tentang sambal matah ini. Ia mengungkapkan, “Sambal matah merupakan hidangan tradisional Bali yang telah ada sejak lama. Resepnya telah diwariskan secara turun temurun dan menjadi salah satu identitas kuliner Bali.”

Bagi Anda yang ingin mencoba resep sambal matah ini, jangan khawatir jika Anda tidak bisa mengunjungi Bali. Bahan-bahannya dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Anda juga dapat mengkreasikan sambal matah ini dengan menambahkan bahan-bahan lain yang sesuai dengan selera Anda, seperti tomat ceri atau daun jeruk purut.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera siapkan bahan-bahan dan coba resep sambal matah ini di rumah. Anda akan merasakan kelezatan cita rasa Bali tanpa harus pergi jauh. Selamat mencoba!

Referensi:
– Chef Made Putra, Chef Bali terkenal
– Ibu Wayan, ahli kuliner dari Bali