Resep Rawon: Makanan Khas Jawa yang Menggugah Selera

Resep Rawon: Makanan Khas Jawa yang Menggugah Selera

Siapa yang tidak kenal dengan Rawon? Makanan khas Jawa yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang. Dengan kuahnya yang hitam pekat dan cita rasa yang khas, Rawon mampu menggugah selera siapa saja yang mencobanya. Namun, tahukah Anda bagaimana cara membuat Rawon yang lezat? Berikut ini adalah resep Rawon yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Rawon antara lain adalah daging sapi, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, serai, daun salam, cabai merah keriting, terasi, keluwek, kluwek, kluwak, kluwek, dan air kaldu. Untuk bumbu pelengkapnya, Anda bisa menambahkan tauge, irisan daun bawang, dan sambal terasi.

Langkah pertama dalam membuat Rawon adalah menumis bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, serai, dan daun salam hingga harum. Kemudian, masukkan daging sapi yang sudah dipotong-potong kecil dan aduk hingga daging berubah warna. Setelah itu, tambahkan air kaldu secukupnya dan masak hingga daging empuk.

Selanjutnya, masukkan keluwek yang sudah dihaluskan ke dalam rebusan daging. Keluwek adalah bahan yang memberikan warna hitam pekat pada kuah Rawon. Terasi juga bisa ditambahkan untuk memberikan aroma yang khas.

Setelah semua bumbu dan bahan dimasukkan, biarkan kuah mendidih dan masak dengan api kecil hingga kuah mengental dan bumbu meresap ke dalam daging. Jangan lupa untuk mencicipi kuah Rawon dan tambahkan garam secukupnya jika diperlukan.

Saat penyajian, hidangan Rawon bisa ditambahkan dengan tauge, irisan daun bawang, dan sambal terasi sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan kerupuk sebagai pelengkap. Sajikan Rawon hangat dengan nasi putih, dan nikmati kelezatannya.

Sebagai makanan khas Jawa, Rawon memiliki sejarah dan keunikan tersendiri. Menurut Bapak Eddy Purwanto, seorang ahli kuliner dari Jawa Timur, “Rawon adalah hidangan yang sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Konon, hidangan ini dihidangkan hanya untuk para bangsawan dan keluarga kerajaan. Namun, seiring berjalannya waktu, Rawon menjadi hidangan yang populer di kalangan masyarakat Jawa.”

Tidak hanya itu, Bapak Eddy Purwanto juga menjelaskan bahwa “Keluwek atau kluwek adalah bahan utama yang membuat Rawon memiliki warna hitam pekat dan cita rasa yang khas. Bahan ini harus diolah dengan hati-hati karena bisa membuat hidangan menjadi pahit jika tidak diolah dengan benar.”

Rawon juga memiliki khasiat dan manfaat kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Menurut Dr. Fida, seorang ahli gizi, “Rawon mengandung banyak rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, dan serai yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk tubuh. Selain itu, daging sapi sebagai sumber protein dan zat besi juga memberikan nutrisi penting bagi tubuh.”

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep Rawon di atas dan nikmati kelezatannya. Anda bisa merasakan cita rasa khas Jawa yang menggugah selera serta mendapatkan manfaat kesehatan yang tersembunyi di dalamnya. Selamat mencoba!

Referensi:
1. Purwanto, Eddy. (2021). Rawon: Kelezatan Makanan Khas Jawa. Kuliner Indonesia. Diakses dari www.kulinerindonesia.com/rawon-kelezatan-makanan-khas-jawa.
2. Dr. Fida. (2021). Manfaat Kesehatan dari Makanan Khas Jawa, Rawon. Gizi Sehat. Diakses dari www.gizisehat.com/manfaat-kesehatan-dari-makanan-khas-jawa-rawon.