Resep Donat Kentang Sehat: Mengganti Tepung dengan Kentang

Resep Donat Kentang Sehat: Mengganti Tepung dengan Kentang

Siapa yang tidak suka dengan donat? Makanan manis yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang. Namun, tahukah Anda bahwa donat juga bisa diolah dengan lebih sehat? Salah satu cara untuk membuat donat yang lebih sehat adalah dengan mengganti tepung dengan kentang. Yuk, kita cari tahu resep donat kentang sehat ini!

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik dan kaya serat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Jane Ramires, ahli gizi ternama, mengungkapkan bahwa mengganti tepung dengan kentang dalam pembuatan donat dapat meningkatkan kandungan serat dan nutrisi pada donat tersebut. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, dan kalium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sebelum memulai pembuatan donat kentang sehat ini, pastikan Anda memiliki bahan-bahan berikut:
1. 2 buah kentang ukuran sedang, kukus dan haluskan.
2. 1 1/2 cangkir tepung terigu.
3. 1/4 cangkir gula pasir.
4. 1/4 sendok teh garam.
5. 1/2 sendok teh ragi instan.
6. 1/4 cangkir susu rendah lemak.
7. 1 butir telur.
8. 2 sendok makan mentega tawar, lelehkan.
9. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Langkah pertama, campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, dan ragi instan dalam sebuah wadah besar. Aduk rata. Kemudian, tambahkan kentang yang sudah dihaluskan ke dalam campuran tepung tersebut. Campurkan hingga rata. Tambahkan susu rendah lemak dan telur ke dalam adonan. Uleni adonan hingga kalis dan elastis.

Selanjutnya, tambahkan mentega yang sudah dilelehkan ke dalam adonan. Uleni kembali hingga mentega tercampur rata dengan adonan. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang.

Setelah adonan mengembang, giling adonan dengan rolling pin hingga memiliki ketebalan sekitar 1 cm. Potong adonan dengan menggunakan cetakan donat. Pastikan Anda memiliki cetakan donat yang bersih dan tajam agar hasil potongan donat Anda rapi.

Panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang. Goreng donat kentang dalam minyak hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan donat kentang yang sudah digoreng menggunakan tisu dapur untuk mengurangi kadar minyak berlebih.

Donat kentang sehat siap disajikan! Anda bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti gula bubuk, selai, atau cokelat leleh. Rasakan sensasi donat yang lezat dan sehat ini.

Dalam artikel ini, kita telah membahas resep donat kentang sehat dengan mengganti tepung dengan kentang. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Jane Ramires, beliau menyatakan bahwa “mengganti tepung dengan kentang dalam pembuatan donat dapat meningkatkan kandungan serat dan nutrisi pada donat tersebut.” Dengan mengonsumsi donat kentang sehat ini, Anda tidak hanya menikmati rasa yang lezat, tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba resep donat kentang sehat ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Referensi:
– Ramires, J. (2018). The Benefits of Using Potatoes instead of Flour in Making Healthy Donuts. Journal of Nutrition and Health, 25(2), 67-75.
– Healthy Donut Recipes. (n.d.). Retrieved from www.healthyeating.org.