Resep Cireng Crispy, Camilan Favorit untuk Keluarga

Resep Cireng Crispy, Camilan Favorit untuk Keluarga

Cireng adalah camilan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat cireng menjadi salah satu camilan favorit untuk dinikmati bersama keluarga. Apalagi jika cireng tersebut dibuat dengan resep yang membuatnya menjadi lebih crispy. Bagaimana cara membuat cireng crispy yang lezat? Simak resep berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cireng crispy antara lain tepung tapioka, tepung terigu, air panas, bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam, merica bubuk, dan minyak untuk menggoreng. Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam, dan merica bubuk dalam satu wadah. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil dan goreng hingga cireng berubah menjadi keemasan.

Menurut Chef Farah Quinn, cireng crispy yang lezat harus memiliki tekstur yang renyah di luar tapi kenyal di dalam. Oleh karena itu, perbandingan tepung tapioka dan tepung terigu yang tepat sangat penting dalam pembuatan cireng crispy. “Tepung tapioka memberikan kekenyalan pada cireng, sedangkan tepung terigu memberikan rasa renyah saat digoreng,” ujar Chef Farah Quinn.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain untuk memberikan variasi pada cireng crispy, seperti keju parut, irisan cabai rawit, atau potongan sosis. Menurut Chef Arnold Poernomo, penambahan keju pada cireng crispy memberikan sensasi gurih yang lebih nikmat. “Keju yang meleleh di dalam cireng crispy akan membuatnya semakin lezat dan menggugah selera,” kata Chef Arnold.

Setelah cireng crispy selesai digoreng, sajikan camilan ini bersama saus sambal atau saus kacang sebagai pelengkap. Anda juga bisa menambahkan taburan daun seledri atau bawang goreng untuk memberikan aroma yang khas. Cireng crispy ini cocok disantap saat bersantai di sore hari sambil menonton film bersama keluarga.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat cireng crispy sendiri di rumah, resep ini sangat cocok untuk dicoba. Nikmati sensasi menggigit cireng crispy yang renyah di luar dan kenyal di dalamnya. Selamat mencoba!

Referensi:
– Chef Farah Quinn, “Cireng crispy yang lezat harus memiliki tekstur yang renyah di luar tapi kenyal di dalam,” diakses dari www.resepmasakan.id.
– Chef Arnold Poernomo, “Penambahan keju pada cireng crispy memberikan sensasi gurih yang lebih nikmat,” diakses dari www.resepmasakanlezat.com.