Resep Capcay Tradisional yang Lezat dan Bergizi

Resep Capcay Tradisional yang Lezat dan Bergizi

Siapa yang tidak suka dengan capcay? Makanan yang satu ini memang sangat terkenal dan disukai oleh banyak orang. Capcay adalah salah satu hidangan Tionghoa yang telah menjadi hidangan favorit di Indonesia. Rasanya yang lezat dan kandungan nutrisinya yang kaya membuat capcay menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati oleh siapa saja.

Capcay tradisional adalah kombinasi dari berbagai macam sayuran yang diolah dengan cara digoreng atau direbus. Biasanya, capcay terdiri dari wortel, kembang kol, kembang tahu, sawi, buncis, dan jamur. Semua sayuran tersebut dipotong-potong dengan ukuran yang seragam dan kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu khas.

Salah satu kelebihan dari capcay tradisional adalah kandungan nutrisinya yang sangat bergizi. Sayuran-sayuran yang digunakan dalam capcay mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Menurut ahli gizi, Dr. Nina E. Rahman, “Capcay adalah hidangan yang sangat sehat karena mengandung banyak serat dan rendah kalori. Sayuran-sayuran yang digunakan juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.”

Selain itu, capcay juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk mereka yang sedang menjalani diet sehat. Dalam capcay, tidak terdapat bahan tambahan yang berbahaya seperti MSG atau pengawet makanan. Jadi, Anda dapat menikmati capcay dengan aman dan tetap menjaga berat badan Anda.

Bagaimana cara membuat capcay tradisional yang lezat dan bergizi? Berikut adalah resep sederhana yang dapat Anda coba di rumah:

Bahan-bahan:
– 1 buah wortel, potong serong
– 1 batang kembang kol, potong kecil-kecil
– 100 gram kembang tahu, potong dadu
– 100 gram buncis, potong-potong
– 100 gram jamur, iris tipis
– 2 siung bawang putih, cincang halus
– 2 sendok makan saus tiram
– 1 sendok makan kecap manis
– 1 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 2 sendok makan minyak sayur
– 200 ml air

Cara membuat:
1. Panaskan minyak sayur di wajan. Tumis bawang putih hingga harum.
2. Masukkan semua sayuran ke dalam wajan. Aduk rata.
3. Tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, dan merica bubuk. Aduk kembali.
4. Tuangkan air ke dalam wajan. Masak hingga sayuran matang dan air menyusut.
5. Angkat capcay dan sajikan selagi masih hangat.

Dengan resep ini, Anda dapat membuat capcay tradisional yang lezat dan bergizi dengan mudah di rumah. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan bahan dan jumlah sayuran sesuai dengan selera Anda.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep capcay tradisional ini. Nikmati hidangan lezat yang juga memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Referensi:
– “Capcay Tradisional.” Dapur Umami, www.dapurumami.id/resep/capcay-tradisional.
– Rahman, Nina E. “Makanan Sehat dan Bergizi.” Majalah Gizi Indonesia, vol. 36, no. 2, 2013, pp. 82-86.