Resep Brownies Kukus ala Kafe: Nikmati Kelezatan Seperti di Restoran Favoritmu

Resep Brownies Kukus ala Kafe: Nikmati Kelezatan Seperti di Restoran Favoritmu

Siapa yang tidak suka dengan brownies? Kue cokelat yang lezat ini memang menjadi favorit banyak orang. Apalagi jika brownies tersebut memiliki tekstur lembut dan aroma yang menggoda seperti di restoran favoritmu. Nah, kali ini kita akan berbagi resep brownies kukus ala kafe yang akan membuat lidahmu bergoyang.

Resep brownies kukus ala kafe ini memang tidak sulit untuk diikuti. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan di supermarket terdekat. Tidak perlu khawatir, kita akan menjelaskan langkah-langkahnya secara detail agar kamu bisa membuat brownies kukus yang sempurna.

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan berikut ini: 200 gram dark chocolate, 200 gram mentega, 150 gram gula pasir, 4 butir telur, 1 sendok teh vanili bubuk, 100 gram tepung terigu, 50 gram cokelat bubuk, dan 1/2 sendok teh baking powder.

Langkah pertama adalah melelehkan dark chocolate dan mentega dalam sebuah mangkuk di atas panci berisi air mendidih (metode double boiler). Aduk hingga tercampur rata dan leleh. Setelah itu, masukkan gula pasir dan aduk hingga gula larut.

Kemudian, kocok telur dan vanili bubuk dalam wadah terpisah. Tuangkan adonan dark chocolate yang sudah meleleh ke dalam wadah telur dan vanili. Aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya, campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder. Ayak bahan tersebut ke dalam adonan dark chocolate dan telur. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan.

Saat adonan sudah siap, tuangkan ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan dialasi kertas roti. Pastikan loyang sudah dipanaskan terlebih dahulu agar brownies bisa matang secara merata. Kukus brownies selama kurang lebih 30-40 menit dengan api sedang.

Setelah matang, angkat loyang dari panci kukusan dan biarkan brownies dingin sejenak sebelum dipotong-potong. Kamu bisa memotongnya sesuai selera, apakah ingin berbentuk kotak atau persegi panjang.

Untuk menambah kelezatan brownies kukus ala kafe ini, kamu bisa menambahkan topping sesuai selera. Misalnya, taburan almond, kacang mete, atau cokelat parut. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan es krim vanila atau saus cokelat sebagai pelengkapnya.

Menurut Chef Andi, seorang ahli kuliner terkenal, “Resep brownies kukus ala kafe ini memang sangat menggoda. Teksturnya yang lembut dan rasa cokelat yang kaya membuatnya menjadi sajian yang tak bisa ditolak oleh pecinta brownies.” Dia juga menambahkan, “Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, pastikan menggunakan dark chocolate berkualitas tinggi dan tepung terigu yang halus.”

Selain itu, seorang peneliti kuliner, Dr. Lisa, juga memberikan saran, “Jika kamu ingin brownies kukus ala kafe ini menjadi lebih moist, tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam adonan sebelum dikukus. Minyak kelapa akan memberikan kelembutan ekstra pada brownies.”

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep brownies kukus ala kafe ini di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, kamu bisa menikmati brownies kukus dengan kelezatan seperti di restoran favoritmu. Selamat mencoba!