Resep Bolu Kukus Tradisional yang Lezat dan Mudah

Resep Bolu Kukus Tradisional yang Lezat dan Mudah

Siapa yang tidak suka dengan bolu kukus? Kue tradisional yang lezat dan mudah dibuat ini memang menjadi favorit banyak orang. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, jangan khawatir! Kali ini, kami akan membagikan resep bolu kukus tradisional yang lezat dan mudah untuk Anda coba.

Bolu kukus merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang telah ada sejak dahulu kala. Kue ini terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Bolu kukus biasanya diolah dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, telur, gula, dan baking powder. Namun, ada beberapa variasi resep bolu kukus tradisional yang bisa Anda coba, seperti bolu kukus pandan, bolu kukus coklat, atau bolu kukus keju.

Untuk membuat bolu kukus tradisional yang lezat, pertama-tama siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Kemudian, kocok telur dan gula hingga mengembang dan berwarna putih. Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak, aduk rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan dialasi dengan kertas roti. Kukus selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dingin sebelum disajikan.

Menurut Chef Yuda Bustara, resep bolu kukus tradisional yang lezat dan mudah ini dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Anda bisa menambahkan aroma pandan atau coklat sesuai dengan preferensi Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan taburan keju parut di atas adonan sebelum dikukus untuk memberikan rasa yang lebih gurih.

Tidak hanya itu, Bolu kukus juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Menurut Dr. Fitriani, ahli gizi, bolu kukus tradisional yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti telur dan tepung terigu mengandung nutrisi penting seperti protein dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kue ini juga rendah lemak jika dibandingkan dengan kue-kue lain yang digoreng atau berbahan dasar mentega.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba resep bolu kukus tradisional yang lezat dan mudah ini di rumah. Anda dapat menikmatinya sebagai camilan sehat atau hidangan penutup yang lezat. Selamat mencoba!

Referensi:
1. Bustara, Yuda. (2021). Resep Bolu Kukus Tradisional. Dalam Kumpulan Resep Kue Tradisional. Jakarta: Penerbit Kue Enak.
2. Fitriani, Dr. (2020). Manfaat Bolu Kukus untuk Kesehatan. Dalam Jurnal Gizi Sehat. Vol. 10, No. 2, Hal. 45-48.