Resep Ayam Rica-Rica Khas Manado yang Menggugah Selera

Resep Ayam Rica-Rica Khas Manado yang Menggugah Selera

Siapa yang tidak kenal dengan hidangan khas Manado yang satu ini? Ayam Rica-Rica, hidangan pedas dengan rasa yang menggugah selera, telah menjadi salah satu ikon kuliner Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Resep Ayam Rica-Rica Khas Manado memang memiliki keunikan tersendiri, karena penggunaan rempah-rempah khas yang membuatnya begitu istimewa.

Ayam Rica-Rica merupakan hidangan khas dari Manado, Sulawesi Utara. Hidangan ini terkenal dengan kepedasannya yang khas dan aroma rempah-rempah yang begitu menggoda. Ayam yang digunakan biasanya adalah ayam kampung atau ayam negeri, untuk memberikan cita rasa yang lebih gurih dan lezat.

Dalam resep Ayam Rica-Rica Khas Manado, terdapat beberapa bahan utama yang membuatnya begitu istimewa. Salah satunya adalah cabai yang digunakan sebagai bumbu utama. Penggunaan cabai dalam hidangan ini memberikan sensasi pedas yang khas dan membuatnya begitu nikmat. Selain itu, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan serai juga turut memberikan aroma yang begitu menggugah selera.

Menurut Chef Vindex Tengker, seorang chef terkenal yang juga berasal dari Manado, “Ayam Rica-Rica adalah hidangan yang memiliki karakter kuat dan kaya akan rempah-rempah. Penggunaan cabai yang melimpah dalam hidangan ini membuatnya begitu berani dan menantang.” Chef Tengker juga menambahkan, “Penggunaan rempah-rempah khas Manado seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan serai, memberikan aroma yang begitu khas dan menggoda.”

Proses memasak Ayam Rica-Rica juga tidaklah sulit. Pertama, ayam dipotong menjadi beberapa bagian sesuai selera. Kemudian, bumbu-bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan serai dihaluskan. Ayam kemudian dimasak dengan bumbu halus tersebut, hingga meresap dan matang sempurna. “Proses memasak Ayam Rica-Rica memang membutuhkan kesabaran, karena bumbu harus meresap dengan baik agar cita rasanya benar-benar terasa,” kata Chef Tengker.

Setelah matang, Ayam Rica-Rica siap disajikan. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan irisan tomat serta mentimun segar sebagai pelengkap. Rasanya yang pedas dan gurih membuat Ayam Rica-Rica begitu cocok dijadikan menu utama saat makan bersama keluarga atau teman-teman.

Jadi, jika Anda ingin mencoba hidangan khas Manado yang menggugah selera, Ayam Rica-Rica adalah pilihan yang tepat. Nikmati sensasi pedas dan aroma rempah-rempah yang begitu khas dalam hidangan ini. Siapa tahu, Anda juga dapat menemukan kepuasan dan kenikmatan yang sama seperti yang dirasakan oleh banyak orang di Manado. Selamat mencoba resep Ayam Rica-Rica Khas Manado yang menggugah selera!

Referensi:
– Chef Vindex Tengker, “Ayam Rica-Rica: Hidangan Khas Manado yang Menggugah Selera.” Berita Kuliner, 15 Mei 2021, www.beritakuliner.com/ayam-rica-rica-hidangan-khas-manado-yang-menggugah-selera.
– “Resep Ayam Rica-Rica Khas Manado.” Dapur Resep, www.dapur-resep.com/2019/07/ayam-rica-rica-khas-manado.html.