Rawon Daging Sapi: Resep Tradisional yang Tetap Populer

Rawon Daging Sapi: Resep Tradisional yang Tetap Populer

Siapa yang tidak kenal dengan rawon? Masakan khas Jawa Timur ini telah menjadi favorit banyak orang sejak lama. Salah satu varian rawon yang paling populer adalah rawon daging sapi. Meski begitu, resep tradisional rawon daging sapi tetap dipertahankan hingga saat ini.

Rawon daging sapi merupakan hidangan yang kaya akan rempah-rempah, terutama kluwek yang memberikan warna hitam khas pada kuahnya. Daging sapi yang empuk dan kuah yang kental menjadi kombinasi sempurna dalam menyajikan hidangan ini. Tidak heran, rawon daging sapi selalu menjadi primadona di restoran-restoran Jawa Timur.

Menurut Chef Andrian Ishak, ahli kuliner Indonesia, rawon daging sapi memiliki keunikan tersendiri. “Rawon daging sapi adalah perpaduan sempurna antara cita rasa gurih dan aroma rempah yang khas. Tidak heran jika hidangan ini tetap populer hingga sekarang,” ujar Chef Andrian.

Untuk membuat rawon daging sapi yang lezat, resep tradisional menjadi kunci utamanya. Bahan-bahan seperti daging sapi, kluwek, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan berbagai rempah lainnya harus dipersiapkan dengan teliti. Proses memasak yang panjang dengan api kecil juga menjadi rahasia kelezatan rawon daging sapi.

“Rawon daging sapi adalah hidangan yang membutuhkan kesabaran dalam memasak. Semakin lama dimasak, semakin kaya akan rasa dan aroma yang dihasilkan,” kata Mbak Siti, seorang ibu rumah tangga yang sudah puluhan tahun menggeluti dunia masak-memasak.

Rawon daging sapi biasanya disajikan dengan nasi putih, tauge, telur asin, tahu goreng, dan sambal. Kombinasi ini membuat hidangan semakin nikmat dan menggugah selera. Anda juga dapat menambahkan daun bawang dan irisan mentimun segar untuk memberikan kesegaran pada hidangan ini.

Selain memiliki cita rasa yang lezat, rawon daging sapi juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan. Kandungan rempah-rempah pada rawon, seperti kunyit, jintan, dan ketumbar, memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi rawon daging sapi secara teratur, Anda dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut Dr. Rika Susanti, ahli gizi, “Rawon daging sapi mengandung zat besi yang tinggi, yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Selain itu, rempah-rempah pada rawon juga dapat membantu meningkatkan pencernaan.”

Rawon daging sapi memang tidak pernah kehilangan popularitasnya. Resep tradisional yang telah diwariskan turun-temurun dari generasi ke generasi tetap menjadi favorit banyak orang. Jika Anda ingin mencoba hidangan yang lezat dan bergizi, rawon daging sapi adalah pilihan yang tepat.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep tradisional rawon daging sapi ini di rumah dan rasakan kenikmatannya. Selamat mencoba!

Referensi:
1. https://www.kompas.com/food/read/2020/04/02/160100575/10-resep-rawon-super-enak-yang-wajib-dicoba-di-rumah
2. https://travel.kompas.com/read/2019/10/23/050700227/rawon-daging-sapi-juara-kuliner-jawa-timur?page=all