Perkedel Tahu Telur Pedas

Suatu hari, sewaktu saya masih anak-anak, sedang menemani ibu menggoreng telur. Saat itu kami mengobrol. Ibu bilang, “telur yang kering ini adalah favorit kakakmu loh. Kalau ibu sih sukanya yang enggak kering, sama kayak adikmu.”
Lalu, saya menanggapinya dengan bertanya, ” kalau aku, telur yang kayak apa ya, Bu?”
Saat itu, ibu hanya mengatakan, “ya terserah kamu, ibu enggak tahu apa itu, coba kamu sukanya yang kayak apa?”
Saat itu, saya tidak tahu mau menjawab apa, dikepala saya kosong. Benar-benar tidak tahu mau jawab.

Bertahun-tahun kemudian saya menemukan jawabannya. Setelah saya sudah menikah, dan menjadi seorang ibu! Ketika saya mulai memasak di dapur sendiri. Ketika mulai memasak, mulai menemukan reaksi dari anggota keluarga saat menikmati masakan saya.

Akhirnya yang menemukan jawaban Telur favorit saya yang sebenarnya. Adalah telur yang dimasak sesuai keinginan hati saat itu, yang bisa saja muncul sebab melihat orang lain menyantapnya dengan nikmat. Bisa telur ceplok sederhana atau telur yang diolan rumit sekalipun. Dan resep ini salah satu olahan telur favorit yang muncul seketika ketika suka tahu. Campuran tahu, telur dan cabe yang banyak. Mantap!

Cerita ini menjadi salah satu wujud perjalanan saya menemukan cinta ibu. Sederhana seperti olahan telur. Membebaskan anaknya menemukan apa yang disukainya sendiri, tanpa paksaan.
“Terima kasih, Ibu” 🫶🏼

#SuratUntukIbu
#BALONChallenge