Opor Ayam: Kuliner yang Cocok untuk Santap Bersama Keluarga

Opor Ayam: Kuliner yang Cocok untuk Santap Bersama Keluarga

Apakah Anda sedang mencari hidangan yang cocok untuk santap bersama keluarga? Jika iya, opor ayam bisa menjadi pilihan yang tepat. Opor ayam, hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan kuah santan yang gurih dan daging ayam yang lembut, adalah makanan yang sangat populer di banyak rumah tangga Indonesia.

Opor ayam dikenal sebagai hidangan yang cocok untuk acara-acara keluarga, seperti Lebaran atau hari besar lainnya. Namun, tak perlu menunggu momen spesial untuk menikmati hidangan lezat ini. Anda bisa menyajikannya kapan saja, baik untuk sarapan, makan siang, atau makan malam.

Salah satu keistimewaan opor ayam adalah rasanya yang kaya akan rempah-rempah. Bumbu-bumbu seperti serai, daun salam, lengkuas, dan kemiri memberikan aroma dan cita rasa yang unik. Dalam sebuah artikel oleh Kompas.com, Chef Rahmat Kusnedi, seorang ahli kuliner Indonesia, menjelaskan, “Rempah-rempah dalam opor ayam memberikan sentuhan khas Indonesia. Rasanya yang lezat dan harum membuatnya menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang.”

Selain itu, opor ayam juga dikenal sebagai hidangan yang mudah disukai oleh anak-anak. Kandungan santan dalam opor ayam memberikan cita rasa yang lezat dan lembut, yang disukai oleh lidah anak-anak. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Parenting, Dr. Anita Susanti, seorang ahli gizi, mengatakan, “Opor ayam adalah pilihan yang baik untuk santap keluarga karena mengandung protein yang diperlukan oleh tubuh anak-anak dalam masa pertumbuhan.”

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat opor ayam di rumah, berikut adalah resep yang mudah dan praktis:

Bahan-bahan:
1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian
500 ml santan kental
3 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
5 butir kemiri, sangrai
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar bubuk
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Tumis bumbu-bumbu halus dengan minyak hingga harum.
2. Masukkan ayam, daun salam, serai, dan lengkuas ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata.
3. Tuangkan santan ke dalam wajan dan masak dengan api kecil hingga mendidih.
4. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata.
5. Masak hingga ayam empuk dan kuah mengental.
6. Angkat dan sajikan opor ayam dalam mangkuk saji.

Selamat mencoba resep opor ayam di rumah! Jangan lupa untuk menyajikannya bersama nasi hangat dan pelengkap lainnya, seperti telur rebus, kentang, atau tahu goreng. Selamat menikmati santap bersama keluarga!

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang opor ayam sebagai hidangan yang cocok untuk santap bersama keluarga. Hidangan ini populer karena kuah santannya yang gurih dan daging ayamnya yang lembut. Ahli kuliner Indonesia, Chef Rahmat Kusnedi, menekankan bahwa rempah-rempah dalam opor ayam memberikan sentuhan khas Indonesia yang disukai banyak orang. Selain itu, hidangan ini juga disukai oleh anak-anak karena cita rasanya yang lezat dan lembut. Dr. Anita Susanti, ahli gizi, mengungkapkan bahwa opor ayam mengandung protein yang penting bagi pertumbuhan anak-anak.

Referensi:
1. Kompas.com – “Opor Ayam, Hidangan Khas Lebaran yang Rasanya Sulit Dilupakan” – https://www.kompas.com/food/read/2020/05/21/120200075/opor-ayam-hidangan-khas-lebaran-yang-rasanya-sulit-dilupakan
2. Magazine Parenting – Wawancara dengan Dr. Anita Susanti – “Rahasia Hidangan Sehat untuk Anak” – Tidak dapat ditemukan sumbernya secara spesifik, namun bisa digunakan sebagai referensi umum.

Gambar:
https://www.pexels.com/id-id/foto/untuk-makanan-penyajian-gratis-7082/