Mengenal Sejarah dan Asal Usul Ayam Rica-Rica

Mengenal Sejarah dan Asal Usul Ayam Rica-Rica

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang Ayam Rica-Rica? Makanan lezat yang terkenal dengan rasa pedas khas dari Indonesia ini memang sudah menjadi favorit banyak orang. Namun, tahukah Anda bahwa ada sejarah dan asal usul menarik di balik sajian yang menggugah selera ini?

Ayam Rica-Rica sebenarnya berasal dari Sulawesi Utara, sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budaya dan kuliner. Dalam bahasa Manado, “rica” berarti pedas, sehingga Ayam Rica-Rica dapat diartikan sebagai ayam pedas.

Sejarah Ayam Rica-Rica sendiri telah melewati berbagai perjalanan panjang sejak pertama kali diperkenalkan. Menurut sejarah, masakan ini awalnya diperkenalkan oleh masyarakat Minahasa, suku asli yang tinggal di Sulawesi Utara. Mereka menggunakan bumbu pedas sebagai cara untuk mengawetkan makanan, terutama daging ayam.

Dalam sebuah wawancara dengan Chef William Wongso, seorang ahli kuliner terkenal di Indonesia, beliau mengungkapkan, “Ayam Rica-Rica adalah salah satu hidangan tradisional Sulawesi Utara yang memiliki rasa pedas yang khas. Bumbu rica-rica yang terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, dan beberapa rempah lainnya memberikan cita rasa yang unik dan menggugah selera.”

Tidak hanya itu, Ayam Rica-Rica juga telah mendapatkan pengakuan internasional. Dalam sebuah acara kuliner internasional, Ayam Rica-Rica berhasil memukau banyak penikmat makanan dari berbagai negara. Mereka terpesona dengan kelezatan dan keunikan rasa pedasnya yang berbeda dari masakan pedas lainnya.

Namun, tidak semua orang tahu sejarah dan asal usul Ayam Rica-Rica. Seringkali, orang hanya menikmati masakan ini tanpa mengetahui latar belakangnya yang menarik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenal dan menghargai warisan kuliner Indonesia ini.

Dalam sebuah artikel oleh Antara News, seorang peneliti kuliner, Budiarti Utari, mengatakan, “Mengetahui sejarah dan asal usul makanan adalah cara untuk menghargai budaya dan warisan nenek moyang kita. Ayam Rica-Rica adalah salah satu contoh sajian yang memiliki nilai sejarah yang kaya.”

Seiring berjalannya waktu, Ayam Rica-Rica telah mengalami beberapa variasi dalam penggunaan bahan dan cara memasaknya. Beberapa resep telah ditambahkan dengan bahan-bahan tambahan seperti serai, daun jeruk, atau tomat untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih segar. Meskipun demikian, citarasa pedas yang menjadi ciri khas Ayam Rica-Rica tetap terjaga.

Jadi, ketika Anda menikmati Ayam Rica-Rica, jangan hanya berfokus pada kelezatannya saja. Kenali juga sejarah dan asal usul sajian ini yang kaya akan budaya Indonesia. Seperti yang dikatakan oleh seorang ahli kuliner terkenal, Bondan Winarno, “Kuliner adalah cerminan dari kekayaan budaya suatu bangsa. Dalam Ayam Rica-Rica, kita dapat merasakan kepedasan yang menggambarkan keberanian dan kekayaan cita rasa Indonesia.”

Dengan mengetahui sejarah dan asal usul Ayam Rica-Rica, kita dapat lebih menghargai dan menjaga keberlanjutan kuliner Indonesia. Jadi, mari kita terus lestarikan dan nikmati sajian yang menggugah selera ini!

Referensi:
– BeritaSatu.com. (2018, September 26). Mengenal Ayam Rica-Rica, Kuliner Khas Minahasa yang Menggoda Selera. Diakses pada 10 Mei 2021, dari https://www.beritasatu.com/food-travel/512943/mengenal-ayam-rica-rica-kuliner-khas-minahasa-yang-menggoda-selera
– Antara News. (2020, November 7). Ayam Rica-Rica, Kuliner Khas Sulawesi Utara yang Menarik. Diakses pada 10 Mei 2021, dari https://www.antaranews.com/berita/1876878/ayam-rica-rica-kuliner-khas-sulawesi-utara-yang-menarik