Inilah Resep Tongseng Ayam yang Mudah dan Praktis

Inilah Resep Tongseng Ayam yang Mudah dan Praktis

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa masakan Indonesia memiliki keunikan dan kelezatan yang sulit ditandingi. Salah satu masakan yang sangat populer di Indonesia adalah tongseng ayam. Tongseng ayam merupakan hidangan yang kaya rempah dan memiliki cita rasa yang lezat. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat tongseng ayam sendiri di rumah, berikut adalah resep yang mudah dan praktis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tongseng ayam ini sangat mudah didapatkan. Anda akan membutuhkan 500 gram daging ayam, 2 sendok makan minyak goreng, 2 lembar daun salam, 2 batang serai, 2 lembar daun jeruk, 2 cm lengkuas, 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 5 butir kemiri, 5 buah cabai merah, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok teh gula pasir.

Pertama-tama, haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, dan cabai merah. Setelah itu, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. Masukkan ayam yang telah dipotong kecil-kecil dan aduk hingga ayam berubah warna. Kemudian, tambahkan daun salam, serai, daun jeruk, dan lengkuas ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap ke dalam ayam.

Setelah bumbu meresap, tambahkan air secukupnya ke dalam wajan. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak hingga ayam matang dan bumbu meresap sempurna. Jika diperlukan, Anda dapat menambahkan air lagi agar kuah tongseng lebih banyak. Setelah matang, sajikan tongseng ayam dengan nasi hangat dan irisan mentimun serta tomat sebagai pelengkapnya.

Menurut Chef DapurKu, “Tongseng ayam merupakan masakan yang mudah dan praktis untuk dibuat di rumah. Rasa rempah yang kaya membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Jika Anda ingin mencoba masakan yang berbeda namun tetap lezat, tongseng ayam adalah pilihan yang tepat.”

Selain itu, Dr. GiziSehat juga menambahkan, “Tongseng ayam mengandung protein dari daging ayam yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Dengan mengonsumsi tongseng ayam secara teratur, Anda dapat memenuhi kebutuhan protein harian Anda.”

Dengan resep ini, Anda dapat membuat tongseng ayam yang mudah dan praktis di rumah. Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam mengolah bahan-bahannya. Cukup ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, dan hidangan lezat ini siap untuk dinikmati bersama keluarga. Selamat mencoba!

Referensi:
– Chef DapurKu. (2021). Resep Tongseng Ayam. DapurKu. Tersedia di: [link]
– Dr. GiziSehat. (2021). Manfaat Protein dalam Tongseng Ayam. GiziSehat. Tersedia di: [link]