Ingin Variasi Menu Buka Puasa? Coba Resep Makanan Tradisional Favorit

Ingin Variasi Menu Buka Puasa? Coba Resep Makanan Tradisional Favorit!

Sudah saatnya menyambut bulan suci Ramadan yang penuh berkah. Bagi umat Muslim di seluruh dunia, Ramadan adalah bulan di mana mereka berpuasa sepanjang hari dan berbuka puasa saat matahari terbenam. Selain ibadah, bulan Ramadan juga menjadi momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga dalam makanan berbuka puasa.

Namun, seringkali kita merasa bosan dengan menu makanan berbuka yang itu-itu saja. Maka, jika Anda ingin variasi menu buka puasa yang lezat dan bernuansa tradisional, kami punya beberapa resep makanan favorit yang bisa Anda coba!

1. Ketupat Sayur
Ketupat sayur adalah hidangan khas Indonesia yang tak pernah lekang oleh waktu. Ketupat yang terbuat dari beras ketan dibungkus dengan daun kelapa muda, kemudian direbus hingga matang. Disajikan dengan kuah bening yang kaya rempah, ketupat sayur menjadi hidangan yang lezat dan mengenyangkan.

“Ketupat sayur merupakan hidangan tradisional yang sudah menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia. Rasanya yang khas dan aroma rempahnya membuatnya menjadi favorit saat berbuka puasa,” kata Chef Dedi Sutisna, ahli kuliner terkenal.

2. Soto Betawi
Soto Betawi adalah hidangan sup daging yang kaya rempah khas Betawi. Daging sapi yang empuk disajikan dengan kuah gurih yang diberi santan. Ditambah dengan potongan kentang, tomat, dan daun bawang, soto Betawi menjadi hidangan yang menggugah selera.

Menurut seorang food blogger terkenal, Nadya Putri, “Soto Betawi adalah hidangan yang tidak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Rasanya yang gurih dan kaya rempah akan membuat Anda ketagihan.”

3. Rendang
Rendang adalah makanan tradisional Minangkabau yang terkenal di seluruh Indonesia. Daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas seperti serai, daun jeruk, dan kelapa parut, menghasilkan daging yang empuk dan bumbu yang kaya rasa.

“Dalam buka puasa, rendang adalah makanan yang sangat populer. Kelezatannya yang sudah diakui oleh dunia membuat rendang menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan spesial saat berbuka,” ungkap Chef William Wongso, pakar kuliner Indonesia.

4. Kolak
Kolak adalah makanan penutup yang terbuat dari bahan dasar pisang, ubi, labu, dan biji salak yang dimasak dengan santan dan gula merah. Rasanya yang manis dan aroma rempahnya sangat cocok untuk menutup hidangan berbuka puasa.

“Kolak adalah pilihan yang tepat untuk menikmati hidangan penutup saat berbuka puasa. Kelezatannya yang khas dan kehangatan rasanya akan membuat momen berbuka puasa semakin istimewa,” kata Chef Farah Quinn, selebriti kuliner Indonesia.

Jadi, jika Anda menginginkan variasi menu buka puasa yang berbeda, coba resep makanan tradisional favorit di atas. Dijamin, hidangan-hidangan tersebut akan membuat momen berbuka puasa semakin spesial dan lezat. Selamat mencoba!

Referensi:
– https://www.femina.co.id/article/resep-tips/7-resep-makanan-tradisional-untuk-berbuka-puasa
– https://www.kompas.com/food/read/2021/03/19/200800775/4-makanan-tradisional-yang-patut-dicoba-saat-berbuka-puasa?page=all