Cara Mudah Membuat Rica-Rica Ayam yang Menggugah Selera

Cara Mudah Membuat Rica-Rica Ayam yang Menggugah Selera

Hidangan yang menggugah selera seperti rica-rica ayam selalu menjadi favorit di meja makan banyak orang. Rasanya yang pedas dan segar membuat siapa pun tergoda untuk mencicipinya. Tapi, apakah Anda tahu cara mudah membuat rica-rica ayam yang lezat di rumah?

Rica-rica ayam adalah masakan khas dari Manado, Sulawesi Utara. Masakan ini terkenal karena penggunaan bumbu-bumbu segar yang khas, seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk. Selain itu, rica-rica ayam juga biasanya diberi tambahan air jeruk nipis yang memberikan aroma segar dan asam yang khas.

Berikut adalah cara mudah membuat rica-rica ayam yang menggugah selera:

1. Persiapkan Bahan-Bahan
Untuk membuat rica-rica ayam, Anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut: ayam potong menjadi beberapa bagian, cabai rawit merah (sesuai selera), bawang merah, bawang putih, daun jeruk, serai, air jeruk nipis, garam, gula, dan minyak goreng.

2. Tumis Bumbu-Bumbu
Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan cabai rawit merah dan tumis hingga cabai layu. Anda juga dapat menambahkan serai dan daun jeruk untuk memberikan aroma yang lebih segar.

3. Masukkan Ayam
Setelah bumbu-bumbu matang, masukkan potongan ayam ke dalam wajan. Aduk rata hingga ayam terbalut bumbu dengan sempurna. Masak ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan.

4. Tambahkan Air Jeruk Nipis
Setelah ayam matang, tambahkan air jeruk nipis ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan air jeruk meresap ke dalam ayam selama beberapa menit. Air jeruk nipis memberikan rasa segar yang khas pada rica-rica ayam.

5. Sajikan dengan Nasi Hangat
Rica-rica ayam yang menggugah selera siap disajikan. Hidangkan dengan nasi hangat dan tambahkan irisan mentimun atau tomat sebagai pelengkapnya. Rasakan sensasi pedas dan segar yang menggoda selera Anda.

Menurut Chef Rudi Choirudin, seorang chef berpengalaman dalam kuliner Manado, “Kunci utama dalam membuat rica-rica ayam yang menggugah selera adalah menggunakan bahan-bahan segar dan memperhatikan proporsi bumbu yang tepat. Jangan takut mencoba variasi bumbu sesuai dengan selera pribadi Anda.”

Dengan cara mudah di atas, Anda dapat mencoba membuat rica-rica ayam yang lezat di rumah. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai dengan preferensi Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep rica-rica ayam ini dan nikmati sensasi pedas dan segarnya!