Cara Mengolah Ayam Kalasan yang Lezat dan Berbumbu

Cara Mengolah Ayam Kalasan yang Lezat dan Berbumbu

Hidangan ayam Kalasan merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang memiliki citarasa yang lezat dan berbumbu. Ayam Kalasan terkenal dengan kelezatannya yang kaya akan rempah-rempah, membuatnya menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang. Bagi Anda yang ingin mencoba mengolah ayam Kalasan sendiri di rumah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda ikuti.

Pertama-tama, persiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Anda akan membutuhkan ayam, bumbu rempah seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, kemiri, serta bumbu-bumbu seperti kecap manis, garam, gula, dan air asam jawa. Pastikan semua bahan telah siap sebelum memulai proses pengolahan ayam Kalasan ini.

Langkah selanjutnya adalah membersihkan ayam. Bersihkan ayam dengan menggunakan air bersih dan peras dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam. Setelah itu, rendam ayam dalam air garam selama beberapa saat agar bumbu lebih meresap.

Selanjutnya, haluskan bumbu rempah seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, kemiri dengan menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan kecap manis, garam, gula, dan air asam jawa ke dalam bumbu rempah yang telah dihaluskan tadi. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur sempurna.

Setelah itu, lumuri ayam dengan bumbu yang telah dihasilkan. Pastikan seluruh permukaan ayam terbalut dengan bumbu secara merata. Diamkan ayam dalam bumbu selama minimal 1 jam agar bumbu dapat meresap dengan sempurna.

Setelah proses perendaman, Anda dapat memilih cara pengolahan ayam Kalasan sesuai dengan selera. Salah satu cara yang umum adalah dengan menggoreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Anda juga dapat memilih untuk menggoreng ayam dengan menggunakan minyak yang lebih sedikit atau menggunakan teknik oven untuk mengurangi konsumsi minyak.

Menurut Chef Ahmad, seorang pakar kuliner yang ditemui di salah satu acara memasak, “Kunci dari kelezatan ayam Kalasan terletak pada bumbu rempah yang meresap hingga ke dalam daging ayam. Sehingga, penting untuk memberikan waktu yang cukup agar bumbu dapat meresap dengan sempurna.” Ia juga menambahkan, “Berhati-hatilah saat menggoreng ayam Kalasan, pastikan minyak cukup panas dan ayam matang merata untuk mendapatkan hasil yang sempurna.”

Tidak hanya itu, seorang ahli gizi, Dr. Fitri, menyarankan, “Jika Anda menginginkan versi yang lebih sehat, Anda bisa memilih teknik memasak dengan menggunakan oven atau menggoreng dengan menggunakan minyak yang lebih sedikit. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah lemak dalam hidangan ini.”

Dalam menyajikan ayam Kalasan yang lezat dan berbumbu, Anda dapat melengkapinya dengan nasi putih hangat, lalapan segar seperti mentimun dan tomat, serta sambal sebagai pelengkap. Hidangan ini dapat dinikmati bersama keluarga atau tamu yang datang berkunjung.

Dengan mengikuti cara mengolah ayam Kalasan yang lezat dan berbumbu di atas, Anda dapat menikmati hidangan khas Jawa Tengah ini tanpa harus pergi ke restoran. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat Ayam Kalasan yang Anda buat sendiri di rumah!