Cara Membuat Tempe Bacem ala Rumahan yang Sangat Sederhana

Cara membuat tempe bacem ala rumahan yang sangat sederhana memang menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mencoba menikmati hidangan tradisional dengan rasa yang autentik. Tempe bacem merupakan hidangan yang terkenal di Indonesia, terutama di daerah Jawa. Dengan proses pengolahan yang sederhana, tempe bacem bisa menjadi hidangan yang lezat dan bergizi.

Pertama-tama, kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tempe bacem ini. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tempe segar. Pastikan tempe yang digunakan masih dalam keadaan segar dan tidak terlalu keras. Selain itu, bahan-bahan lainnya yang diperlukan antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, gula merah, kecap manis, air, dan daun salam.

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bumbu-bumbu yang akan digunakan dalam proses memasak tempe bacem ini. Bawang merah, bawang putih, dan jahe perlu dihaluskan atau diuleg untuk menghasilkan bumbu yang lezat. Kemudian, siapkan wajan dan panaskan minyak di dalamnya. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan matang.

Selanjutnya, tambahkan tempe yang telah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk merata hingga tempe terbalut oleh bumbu yang telah ditumis. Setelah itu, tambahkan air secukupnya ke dalam wajan dan masak hingga air mendidih. Tambahkan gula merah dan daun salam untuk memberikan rasa manis dan aroma yang khas pada tempe bacem ini. Kecap manis juga bisa ditambahkan sesuai selera.

Proses memasak tempe bacem ini perlu dilakukan dengan api kecil dan sesekali diaduk agar bumbu meresap dengan baik ke dalam tempe. Biarkan tempe bacem matang dan bumbu meresap selama kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu, angkat tempe bacem dari wajan dan hidangkan dengan nasi hangat atau sebagai lauk pendamping.

Menurut beberapa ahli masakan, tempe bacem ala rumahan ini memiliki cita rasa yang lezat dan khas. Chef William Wongso, seorang ahli kuliner Indonesia, menyatakan, “Tempe bacem merupakan salah satu hidangan tradisional Indonesia yang tidak boleh terlewatkan. Rasanya yang manis dan gurih membuatnya menjadi favorit banyak orang.”

Selain itu, tempe bacem juga memiliki manfaat kesehatan yang baik. Menurut dr. Fiastuti Witjaksono, seorang pakar gizi, “Tempe bacem yang dibuat dengan cara tradisional menggunakan bahan-bahan alami seperti tempe, jahe, dan gula merah memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Tempe sendiri mengandung protein nabati yang baik untuk pertumbuhan otot serta serat yang membantu pencernaan.”

Dengan cara membuat tempe bacem ala rumahan yang sangat sederhana ini, Anda bisa menikmati hidangan lezat dan bergizi di rumah. Tidak perlu repot mencari di luar, karena dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan serta langkah-langkah yang simpel, Anda bisa menciptakan hidangan tradisional yang tak kalah enak dengan yang dijual di restoran atau warung. Jadi, yuk coba buat tempe bacem ala rumahan ini dan nikmati kelezatannya bersama keluarga!