Cara Membuat Opor Ayam yang Lezat dan Gurih

Cara Membuat Opor Ayam yang Lezat dan Gurih

Siapa yang tidak suka dengan masakan opor ayam yang lezat dan gurih? Opor ayam merupakan salah satu hidangan tradisional Indonesia yang sangat populer di berbagai acara, seperti lebaran atau perayaan keluarga. Rasanya yang kaya rempah dan kuah santan yang lezat membuat opor ayam selalu menjadi favorit di meja makan.

Untuk membuat opor ayam yang lezat dan gurih, ada beberapa langkah yang perlu diikuti. Pertama-tama, kita harus memilih bahan-bahan yang berkualitas. Ayam yang segar dan dagingnya tidak berlemak akan menghasilkan opor ayam yang lebih enak. Selain itu, rempah-rempah seperti serai, daun salam, lengkuas, dan kunyit juga harus tersedia untuk memberikan aroma dan rasa yang khas pada opor ayam.

Langkah selanjutnya adalah mengolah bumbu-bumbu yang akan digunakan. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Kompas.com, Chef Afit menyarankan untuk menggoreng bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan merica hingga harum. Hal ini akan membuat opor ayam memiliki cita rasa yang lebih kaya dan lezat.

Setelah bumbu-bumbu digoreng, kita bisa memasukkan ayam ke dalam wajan dan menumisnya sebentar. Kemudian, tambahkan santan ke dalam wajan dan masak hingga mendidih. Penting untuk terus mengaduk agar santan tidak pecah dan opor ayam tetap lezat.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli kuliner Indonesia, Chef William Wongso, penggunaan santan yang berkualitas juga sangat berpengaruh dalam menciptakan opor ayam yang lezat dan gurih. Dalam wawancaranya dengan Femina.co.id, Chef William mengatakan, “Santan yang baik adalah santan yang diambil dari kelapa parut yang masih segar, bukan yang sudah lama diolah. Santan yang segar akan memberikan tekstur dan cita rasa yang lebih baik pada opor ayam.”

Setelah kuah opor ayam mendidih, kita bisa menambahkan bumbu-bumbu lain seperti garam, gula, kaldu ayam, dan daun jeruk purut. Biarkan opor ayam mendidih perlahan selama beberapa waktu agar semua bumbu meresap ke dalam daging ayam. Jika ingin opor ayam yang lebih kaya rasa, kita bisa menambahkan sedikit kecap manis atau saus tiram.

Terakhir, untuk memberikan sentuhan akhir pada opor ayam, kita bisa menambahkan beberapa irisan bawang goreng dan daun bawang. Hal ini akan memberikan aroma yang segar dan tampilan yang menarik pada hidangan ini.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat opor ayam yang lezat dan gurih di rumah. Selain itu, opor ayam juga dapat dinikmati dengan berbagai pelengkap seperti ketupat, lontong, atau nasi putih.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba resep cara membuat opor ayam yang lezat dan gurih ini. Yuk, segera buat opor ayam di rumah dan nikmati hidangan tradisional Indonesia yang enak dan lezat ini bersama keluarga tercinta!

Referensi:
1. Kompas.com – “Resep Opor Ayam” – https://www.kompas.com/food/read/2021/05/06/170900675/resep-opor-ayam–yang-empuk-dan-enak-ala-chef-afit
2. Femina.co.id – “Chef William Wongso: Santan Segar Membuat Opor Ayam Lebih Lezat!” – https://www.femina.co.id/trending-topic/chef-william-wongso-santan-segar-membuat-opor-ayam-lebih-lezat