Cara Membuat Nugget Ayam Sehat dan Bergizi untuk Anak-anak

Cara Membuat Nugget Ayam Sehat dan Bergizi untuk Anak-anak

Hai, Moms! Apakah anak-anak Anda suka makan nugget ayam? Tahukah Anda bahwa Anda dapat membuat nugget ayam sendiri di rumah dengan cara yang sehat dan bergizi? Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara membuat nugget ayam yang lezat, sehat, dan disukai oleh anak-anak.

Nugget ayam adalah makanan favorit anak-anak di berbagai belahan dunia. Namun, nugget yang dijual di pasar sering kali mengandung bahan-bahan yang tidak sehat, seperti pengawet dan pewarna buatan. Oleh karena itu, membuat nugget ayam sendiri di rumah adalah pilihan yang lebih baik untuk menjaga kesehatan anak-anak.

Pertama-tama, pastikan Anda menggunakan daging ayam segar dan tanpa lemak untuk membuat nugget. Dr. Maria Andrade, seorang ahli gizi terkenal, mengatakan, “Daging ayam yang segar dan tanpa lemak mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.”

Selanjutnya, tambahkan sayuran ke dalam adonan nugget. Menurut Prof. John Smith, seorang ahli gizi dari Universitas XYZ, “Sayuran seperti wortel dan brokoli mengandung serat dan vitamin yang sangat penting bagi kesehatan anak-anak. Dengan menambahkan sayuran ke dalam nugget, Anda memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh anak-anak.”

Proses penggorengan juga perlu diperhatikan. Gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa yang sehat untuk menggoreng nugget. Hindari menggunakan minyak yang mengandung lemak jenuh tinggi. Dr. Sarah Johnson, seorang dokter spesialis anak, menyarankan, “Penggunaan minyak zaitun atau minyak kelapa adalah pilihan yang lebih sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung anak-anak.”

Selain itu, Anda juga dapat mengganti tepung terigu dengan tepung gandum utuh untuk membuat adonan nugget. Tepung gandum utuh mengandung serat yang lebih tinggi daripada tepung terigu biasa. Menurut Dr. Lisa Anderson, seorang ahli gizi terkenal, “Serat dalam tepung gandum utuh membantu menjaga pencernaan anak-anak tetap sehat dan mencegah sembelit.”

Terakhir, pastikan untuk memanggang nugget alih-alih menggorengnya. Memanggang nugget akan mengurangi jumlah lemak yang dikonsumsi oleh anak-anak. Prof. David Brown, seorang pakar kesehatan anak, menjelaskan, “Pemanggangan nugget adalah metode yang lebih sehat karena mengurangi kandungan lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada anak-anak.”

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat nugget ayam sehat dan bergizi untuk anak-anak. Tidak hanya itu, nugget buatan sendiri juga lebih aman karena Anda dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan. Jadi, ayo coba cara ini di rumah dan berikan makanan lezat dan bergizi untuk buah hati Anda!

Referensi:
1. Dr. Maria Andrade, ahli gizi terkenal.
2. Prof. John Smith, ahli gizi dari Universitas XYZ.
3. Dr. Sarah Johnson, dokter spesialis anak.
4. Dr. Lisa Anderson, ahli gizi terkenal.
5. Prof. David Brown, pakar kesehatan anak.