Cara Membuat Donat Sederhana dengan Bahan yang Mudah Ditemukan

Cara Membuat Donat Sederhana dengan Bahan yang Mudah Ditemukan

Donat merupakan salah satu kue yang sangat digemari oleh banyak orang. Bentuknya yang bulat dengan rongga di tengahnya membuatnya terlihat menggugah selera. Tapi, tahukah Anda bahwa donat juga bisa dibuat dengan cara yang sederhana dan dengan bahan yang mudah ditemukan? Yuk, simak cara membuat donat sederhana berikut ini!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat donat sederhana ini sebenarnya mudah didapatkan di toko atau pasar terdekat. Anda hanya perlu menyiapkan tepung terigu sebanyak 500 gram, gula pasir sebanyak 50 gram, ragi instan sebanyak 11 gram, susu bubuk sebanyak 25 gram, garam sebanyak 5 gram, telur sebanyak 2 butir, dan mentega sebanyak 50 gram. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan toping donat sesuai dengan selera seperti gula halus, cokelat meses, atau keju parut.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencampurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, susu bubuk, dan garam dalam satu wadah. Aduk hingga merata. Kemudian, tambahkan telur dan mentega ke dalam campuran tepung tersebut. Uleni adonan hingga kalis dan elastis. Jika adonan terlalu lengket, Anda bisa menambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit.

Setelah adonan kalis, diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat. Setelah itu, gilas adonan dengan menggunakan rolling pin hingga setebal 1 cm. Gunakan cetakan donat untuk membuat bentuk bulat dengan rongga di tengahnya. Jika tidak memiliki cetakan, Anda bisa menggunakan gelas dengan ukuran yang sesuai.

Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng donat hingga berwarna keemasan. Pastikan api tidak terlalu besar agar donat matang merata di dalam dan luar. Setelah matang, angkat donat dan tiriskan.

Akhirnya, donat sederhana Anda siap untuk disajikan. Anda bisa menambahkan toping sesuai dengan selera. Anda juga bisa mencoba variasi donat dengan menggunakan selai atau krim keju di dalamnya. Selamat menikmati donat sederhana yang lezat!

Menurut Chef Anisya, seorang ahli pastry, “Donat sederhana ini menjadi favorit banyak orang karena cara pembuatannya yang mudah dan bahan-bahannya yang tersedia di sekitar kita. Dengan sedikit kreativitas, kita juga bisa membuat variasi donat yang berbeda setiap kali membuatnya.”

Dalam artikel ini, kita telah mempelajari cara membuat donat sederhana dengan bahan yang mudah ditemukan. Meskipun sederhana, donat ini tetap memiliki rasa yang lezat dan kenyal. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat donat di rumah. Selamat mencoba!