Cara Membuat Donat Gula Merah yang Manis dan Gurih

Cara Membuat Donat Gula Merah yang Manis dan Gurih

Hai, pembaca yang budiman! Apakah Anda penggemar donat? Jika iya, maka Anda pasti penasaran bagaimana cara membuat donat gula merah yang manis dan gurih. Jangan khawatir, dalam artikel kali ini, kita akan membahas langkah-langkahnya secara lengkap.

Donat adalah salah satu kue yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi camilan favorit banyak orang. Namun, kali ini kita akan menghadirkan varian donat yang sedikit berbeda yaitu donat gula merah.

Langkah pertama dalam membuat donat gula merah adalah menyiapkan bahan-bahannya. Anda membutuhkan tepung terigu, ragi instan, gula merah, susu cair hangat, telur, mentega, garam, dan minyak goreng. Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk menghasilkan donat yang lezat.

Setelah bahan-bahan siap, langkah berikutnya adalah membuat adonan donat. Campurkan tepung terigu, ragi instan, dan gula merah yang telah diparut ke dalam mangkuk besar. Aduk rata dengan sendok kayu. Kemudian, tambahkan susu cair hangat sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket.

Selanjutnya, tambahkan telur dan mentega yang telah dilelehkan ke dalam adonan. Uleni adonan dengan tangan hingga elastis dan tidak lengket. Tambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa yang seimbang pada donat gula merah Anda.

Setelah adonan siap, tutup mangkuk dengan kain bersih dan biarkan adonan mengembang selama kurang lebih 1 jam atau hingga adonan menggandakan ukurannya. Saat adonan mengembang, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.

Saat minyak sudah panas, ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bola kecil. Goreng donat dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan donat gula merah Anda.

Donat gula merah yang manis dan gurih siap untuk dinikmati. Anda dapat menambahkan topping sesuai selera, seperti gula bubuk atau taburan keju parut untuk menambah cita rasa. Selain itu, donat ini juga cocok disajikan dengan secangkir teh hangat atau kopi kesukaan Anda.

Menurut Chef Sisi, seorang pakar kuliner terkenal, donat gula merah ini memiliki cita rasa yang unik dan menarik. “Kombinasi antara gula merah yang manis dan tekstur lembut donat ini sangat memanjakan lidah,” ujar Chef Sisi.

Dalam proses pembuatan donat gula merah, penting untuk menggunakan gula merah berkualitas agar menghasilkan rasa yang maksimal. Ibu Tini, seorang penjual kue tradisional, merekomendasikan penggunaan gula merah asli dari pohon aren. “Gula merah asli memberikan aroma dan rasa yang khas pada donat ini,” kata Ibu Tini.

Tentunya, donat gula merah ini cocok untuk segala kesempatan, baik sebagai camilan di sore hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan malam. Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara membuat donat gula merah yang manis dan gurih ini di rumah. Selamat mencoba!

Sumber:
– Chef Sisi, ahli kuliner terkenal.
– Ibu Tini, penjual kue tradisional.