Cara Membuat Cilok Sederhana yang Lezat dan Bergizi

Cilok, siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Indonesia yang satu ini? Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat cilok menjadi camilan favorit banyak orang. Bagaimana jika kita bisa membuat cilok sederhana yang lezat dan bergizi di rumah? Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

Cara membuat cilok sederhana yang lezat dan bergizi tidaklah sulit. Pertama-tama, kita perlu menyiapkan bahan-bahannya. Dalam membuat cilok, bahan utamanya adalah tepung tapioka dan daging ayam cincang. Tambahkan pula bawang putih, bawang merah, garam, dan merica secukupnya untuk memberikan cita rasa yang lezat pada cilok.

Langkah pertama, campurkan tepung tapioka dengan air hangat. Kemudian, uleni hingga adonan menjadi kalis dan kenyal. Tambahkan sedikit air jika adonan terlalu kering, atau tambahkan tepung jika adonan terlalu lembek. Pastikan adonan memiliki tekstur yang elastis dan mudah dibentuk.

Selanjutnya, campurkan daging ayam cincang dengan bawang putih, bawang merah, garam, dan merica. Aduk rata hingga bumbu merata di dalam daging ayam. Setelah itu, ambil sejumput adonan tepung tapioka dan pipihkan di telapak tangan. Letakkan satu sendok teh adonan daging ayam di tengahnya, lalu rapatkan adonan tepung tapioka di sekelilingnya. Bulatkan dan ratakan hingga membentuk bola kecil. Lakukan langkah ini hingga adonan habis.

Setelah semua cilok selesai dibentuk, rebus air dalam panci hingga mendidih. Masukkan cilok ke dalam air mendidih dan biarkan hingga mengapung. Angkat cilok dan tiriskan.

Cilok sederhana yang lezat dan bergizi siap disajikan! Anda dapat menyantapnya langsung atau menyajikannya bersama bumbu kacang. Bumbu kacang dapat dibuat dengan cara menggoreng kacang tanah, kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bumbu lainnya seperti kecap manis, gula, garam, dan air matang.

Menurut Chef Dapur Ibu, cara membuat cilok sederhana yang lezat dan bergizi ini sangat mudah dan cocok untuk dicoba di rumah. “Cilok adalah camilan yang sering kita jumpai di berbagai tempat makan atau pedagang kaki lima. Namun, membuat cilok sendiri di rumah tidaklah sulit dan pastinya lebih sehat karena kita bisa mengatur bahan-bahannya sendiri,” ujar Chef Dapur Ibu.

Selain itu, cilok juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Tepung tapioka yang menjadi bahan utama cilok mengandung karbohidrat yang memberikan energi. Sedangkan daging ayam cincang mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh.

Dengan mengetahui cara membuat cilok sederhana yang lezat dan bergizi, Anda dapat menikmati camilan favorit ini kapan saja di rumah. Selamat mencoba!

Sumber:
– Chef Dapur Ibu, “Cara Membuat Cilok Sederhana yang Lezat dan Bergizi”, DapurIbu.com, diakses tanggal 15 Juni 2022,