Cara Membuat Brownies Kukus dengan Bahan Sederhana: Lezatnya Bikin Ketagihan!

Cara Membuat Brownies Kukus dengan Bahan Sederhana: Lezatnya Bikin Ketagihan!

Siapa yang tidak suka dengan brownies kukus? Kudapan manis yang lezat ini memang menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya enak, brownies kukus juga mudah dibuat dengan bahan sederhana yang ada di sekitar kita. Yuk, simak cara membuat brownies kukus yang lezatnya bikin ketagihan!

Brownies kukus menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang tidak memiliki oven di rumah. Dengan menggunakan panci kukus biasa, Anda sudah bisa membuat brownies yang lezat dan menggugah selera. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sederhana dan mudah ditemukan.

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan berikut: tepung terigu, cokelat bubuk, gula pasir, mentega, telur, baking powder, vanili, dan sedikit garam. Campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata dan sisihkan.

Selanjutnya, kita akan membuat adonan basah. Dalam wadah yang berbeda, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna lebih terang. Tambahkan mentega cair dan vanili, aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu, campurkan adonan basah ke dalam adonan kering sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga semua bahan tercampur sempurna. Pastikan tidak ada gumpalan tepung yang tersisa.

Sekarang, kita akan mulai proses pengukusan. Panaskan panci kukus dengan api sedang. Olesi loyang dengan mentega dan taburi sedikit tepung agar brownies tidak lengket saat diangkat. Tuangkan adonan brownies ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.

Letakkan loyang di atas panci kukus yang sudah dipanaskan. Tutup panci dengan rapat dan kukus adonan brownies selama kurang lebih 30-40 menit. Jangan lupa untuk memeriksa kekematangan brownies dengan menusukkan tusuk gigi ke dalamnya. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti brownies sudah matang sempurna.

Setelah matang, angkat loyang dari panci kukus dan dinginkan sejenak sebelum dipotong-potong. Brownies kukus siap disajikan dan dinikmati!

Menurut Chef Renatta, seorang ahli pastry ternama, “Brownies kukus merupakan salah satu kudapan yang paling disukai oleh banyak orang. Kelembutan dan kelezatannya membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk dinikmati kapan saja.”

Tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa cokelat memiliki efek positif pada suasana hati dan dapat meningkatkan produksi endorfin, hormon kebahagiaan. Jadi, menikmati brownies kukus yang lezat juga bisa membuat kita merasa lebih bahagia!

Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara membuat brownies kukus dengan bahan sederhana di atas. Rasakan lezatnya yang bikin ketagihan dan bagikan kebahagiaan dengan orang-orang terdekat. Selamat mencoba!

Referensi:
– Chef Renatta, pakar pastry terkenal
– “The Science Behind Chocolate and Mood” – Healthline.com