5 Cara Memilih Pisang yang Matang Sempurna

Warna kulit pisang adalah petunjuk penting untuk mengetahui tingkat kematangan buah ini. Pisang yang matang sempurna biasanya memiliki warna kuning cerah dan merata di seluruh kulitnya. Hindari memilih pisang dengan bercak cokelat atau hitam pada kulitnya, karena ini menandakan bahwa pisang tersebut sudah terlalu matang.

2. Sentuh Pisang dengan Lembut

Cara lain untuk memeriksa kematangan pisang adalah dengan merasakan tekstur kulitnya. Sentuh pisang dengan lembut menggunakan ujung jari. Pisang yang matang sempurna biasanya memiliki kulit yang sedikit lembut dan tidak terlalu keras. Jika kulitnya terlalu keras, itu berarti pisang masih belum cukup matang. Sebaliknya, jika kulitnya terlalu lembut atau bahkan berlendir, itu menandakan bahwa pisang sudah terlalu matang.

3. Periksa Batang Pisang

Batang pisang juga dapat memberikan petunjuk tentang tingkat kematangan buah ini. Jika batang pisang masih berwarna hijau atau agak kehijauan, itu menandakan bahwa pisang masih belum cukup matang. Namun, jika batang pisang sudah berwarna kuning, itu berarti pisang sudah matang dengan baik. Hindari memilih pisang dengan batang yang terlihat cokelat atau berlendir, karena ini menandakan bahwa pisang sudah terlalu matang.