11 Resep pisang kuah santan untuk dessert, enak, praktis, dan legit

11 Resep pisang kuah santan untuk dessert, enak, praktis, dan legit

foto: Instagram/@sarikayo_kitchen; Instagram/@widyadanaparamita

Brilio.net – Buah pisang adalah salah satu buah yang sering dijadikan dessert karena teksturnya yang lembut dan manis. Kandungan gula alami dalam buah pisang memberikan rasa manis yang khas pada hidangan dessert tanpa perlu gula tambahan. Selain itu, pisang juga mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin C, kalium, dan serat, sehingga memberikan nilai gizi tambahan pada hidangan penutup tersebut.

Pada dasarnya, buah satu ini memang diolah menjadi berbagai macam hidangan penutup yang lezat dan menyegarkan. Salah satu dessert yang populer adalah pisang goreng, es krim pisang, smoothie, atau pudding. Namun selain itu, pisang juga kerap dihidangkan dengan kuah santan yang memiliki rasa gurih creamy.

Sajikan pisang kuah santan ini juga cocok dihidangkan untuk dessert, lho. Rasa pisang yang manis legit akan semakin enak jika dipadukan dengan gurihnya santan. Tak hanya itu, aneka olahan pisang kuah santan ini cenderung praktis dibuat dan nggak ribet, lho.



Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak kompilasi resep pisang kuah santan untuk dessert yang telah BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (18/4).

1. Pisang santan.

11 Resep pisang kuah santan untuk dessert, enak, praktis, dan legit

foto: Instagram/@sarikayo_kitchen


Bahan:
– Pisang kepok kuning
– Santan
– Garam
– Daun pandan
– Larutan maizena

Cara membuat:
1. Rebus pisang bersama santan kental, beri sedikit garam dan daun pandan.
2. Beri larutan maizena agar lebih kental. Sajikan.

2. Pisang gapit dengan vla santan susu.

11 Resep pisang kuah santan untuk dessert, enak, praktis, dan legit

foto: Instagram/@ummu_aleyya

Bahan:
– 1 buah pisang
– 1 sdm margarin
– 50 ml susu UHT plain
– 20 ml santan
– 1 sdt tepung maizena
– Keju secukupnya
– Daun pandan (optional)

Cara membuat:
1. Potong pisang sesuai selera, panaskan teflon dengan margarin secukupnya, panggang kedua sisi pisang hingga berubah warna. Sisihkan, tata dalam piring sajian.
2. Vla: Tuang susu dan santan dalam pan atau teflon sebelumnya. Masak dengan api kecil, masukan daun pandan, tambahkan larutan maizena (maizena dilarutkan dengan sedikit susu), masak hingga adonan mengental. Angkat. Tuang vla ke atas pisang panggang, tambahkan keju parut sebagai topping. Sajikan.

(brl/tin)